8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Selamat datang di Spesialis Ginjal Sehat, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada anda yang telah berkunjung di situs kami, semoga Adanya situs kami bermanfaat bagi anda semua, dalam situs kali ini kami akan membahas mengenai tentang makanan yang baik unuk pendertia penyakit ginjal yang mana akan kami cantumkan di bawah ini :

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal – Jika Anda yang sedang menderita penyakit ginjal kami akan memberikan rekomendasi yang tepaty untuk anda dengan memakan makanan yang baik untuk penyakit ginjal . Ingin tau makanan apa saja yang baik untuk penyakit ginjal ?

Baiklah di bawah ini kami akan menguiraikan beberapa makanan yang baik untuk penyakit ginjal, simaklah uraian di bawah ini :

1. Buah Ceri

Buah Ceri

  • 1/2 Cangkir (±110 gr) = 0 mg sodium, 160 mg potassium, 15 mg fosfor

Cherry juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Buah ini sangat baik mencegah antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi.

Para penderita penyakit ginjal disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein dan buah cherry tidak memiliki banyak portein. Mengkonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.

Selain ceri, ternyata buah yang termasuk keluarga beri ini cukup ampuh untuk dimakanan para penderita ginjal. Untuk itu sangat penting jika anda hobi makan buah buahan untuk mengkonsumsi jenis buah ceri ini.

2. Kecambah/Touge

Kecambah

Penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayur. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal.

Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah.

3. Stroberi

Stroberi

  • 1/2 cangkir sajian (5 medium) stroberi segar = 1 mg sodium, 120 mg potasium, 13 mg fosfor

Stroberi kaya akan dua jenis fenol: anthocyanin dan ellagitannin. Anthocyananins adalah apa yang memberi stroberi warna merah mereka dan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif.

Stroberi adalah sumber vitamin C dan mangan yang sangat baik dan sumber serat yang sangat bagus. Mereka diketahui memberikan perlindungan jantung, begitu pula anti kanker dan komponen antiinflamasi.

4. Apel

Apel1

  • 1 Apel ukuran sedang termasuk kulit mengandung = 0 natrium, 158 mg kalium, fosfor 10 mg

Buah apel selain terkenal untuk diet, mencegah serangan jantung, dan mencegah kanker, ternyata juga baik untuk ginjal. Apel juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Disarankan untuk mengkonsumsi apel dengan jumlah setengahnya dari satu buah apel. Karena apel juga mengandung banyak air yang tentu dibatasi untuk masuk ke dalam tubuh penderita penyakit ginjal.

Apel dapat membantu keluarkan racun dan membersihkan ginjal. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahap kronis lebih baik jauhi mengkonsumsi buah ini.

5. Raspberry

Raspberry

1/2 cangkir sariawan raspberry = 0 mg natrium, 93 mg potassium, 7 mg fosfor

Raspberry mengandung phytonutrisi yang disebut asam ellagic yang membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan sel. Mereka juga mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin, antioksidan yang memberi mereka warna merah mereka.

Sumber mangan, vitamin C, serat dan folat yang sangat baik, vitamin B, raspberry dapat memiliki khasiat yang menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor.

6. Yoghurt

Yogurt with red berries

Penderita penyakit ginjal sangat dibatasi asupan mineral dalam tubuhnya. Dan semua asupan mineral tergantung pada kondisi ginjal sang penderita termasuk mineral dari makanan maupun minuman. Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Tetapi tentu harus perlu diperhatikan takarannya.

7. Bluberi

Bluberi

  • 1/2 Cangkir (±110 gr) mengandung = 4 mg sodium, 65 mg potassium, 7 mg fosfor

Bluberi memiliki kandungan fitnutrien yang merupakan antioksidan yang dinamakan anthocyanidins. Blueberi berwarna biru adalah salah satu efek dari antioksidan ini. Antioksidan yang ditemukan dalam bluberi serta berbagai jenis buah beri lainnya, telah membantu dalam mencegah kerusakan tulang (dalam penelitian tikus). Selain itu cukup ampuh menjaga kesehatan ginjal.

8. Kembang kol

Kembang kol

  • 1/2 cangkir sajian kembang kol rebus = 9 mg sodium, 88 mg potasium, 20 mg fosfor

Sayuran lain, kembang kol tinggi vitamin C dan sumber folat dan serat yang baik . Ini juga dikemas penuh dengan senyawa indoles, glucosinolates dan thiocyanates yang membantu hati menetralkan zat beracun yang dapat merusak selaput sel dan DNA.

Sekian dari pembahasan kali ini semoga dengan adanya penjelasan yang mengenai makanan yang baik untuk penyakity ginjal semoga bermanfaat bagi pembacanya dan terimaksih telah berkunjung di situ kami. Salam sehat !!!

Baca Juga : Obat Herbal Usus Buntu

Obat Penyakit Kuning

Cara Mengatasi Batuk Disertai Sesak Nafas

Posted By Spesialis Ginjal Sehat

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s